Power of Grace Khotbah By Ps. Eluzai Frengky Utana

Power of Grace Khotbah By Ps. Eluzai Frengky Utana

Power of Grace
Khotbah

Ps. Eluzai Frengky Utana

22-11-15

2 Korintus 4:7, “Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.
“Tetapi harta rohani yang indah itu kami bawa pada diri kami yang tidak berharga ini yang dibuat dari tanah. Dengan demikian nyatalah bahwa kebesaran kuasa itu terletak pada Allah dan bukan pada kami (BIS)”
GRACE dapat diterjemahkan sebagai akronim dari :

G– God’s gift to me
R – Received by faith
A – Available to everyone
C – Comes Through Jesus
E – Extended to Eternity

Harta rohani ada dalam diri kita yang sebenarnya fana (tidak berharga/sementara)adalah harta yang sesungguhnya yaitu pribadi Yesus, sehingga saat kita berada dalam Dia, Yesus yang jauh lebih besar dari kita, menjadi harga yang paling berharga. Ketika kita mengerti bahwa kita memiliki Yesus yang jauh lebih besar, maka itulah yang disebut ‘Power of Grace’.

Kuasa ini bersumber dari kuasa kematian dan kebangkitanNya dans udah terdapat dalam diri kita. Kuasa ilahi (Divine Power) yang sebenarnya telah diberikan kepada kita, karena itu dalam segala perkara, seharusnya kemenangansudah  menjadi milik kita. Dalam Efesus 1:19-23 dijelaskan bahwa untuk menikmati harta tersebut, kita harus bisa mengaplikasikannya dengan ‘hanya percaya saja’ kepada Allah (ay. 19) dan juga disertai ketaatan. Ketika kita percaya dan taat kepada Tuhan, maka akan ada hal-hal besar lainnya yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Jadi, kunci supaya kita dapat hidup dalam divine power adalah percaya dan taat.

Ada hal-hal yang harus kita latih agar dapat mengaplikasikan ‘divine power’ dalam hidup kita;

  1. Kita harus memahami dan mengerti posisi kita (Efesus 1:20). Apabila kita mengerti bahwa Allah yang maha tinggi berada di pihak kita, maka kita tidak akan bergantung kepada manusia. Dalam setiap kesempatanpun, kita akan tahu bahwa segala sesuatunya hanya oleh karena Tuhan.Andalkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan kita.
  2. Tidak ada satu masalahpun yang tidak bisa terselesaikan karena kita lebih dari pemenang (Efesus 1:22). Hidup kita adalah anugrah dan pemberian dari Allah. Jangan hidup dengan bermain-main dalam dosa. Mengertilah bahwa tidak ada satu masalahpun yang tidak dapat kita selesaikan ketika kita bersama Tuhan. Efesus 6:11-14 menunjukkan bahwa hidup ini adalah peperangan dan kita harus bertahan dalam area kebenaran dengan senantiasa berjuang melalui apa yang kita perbuat.
  3. Mengalami kepenuhan Tuhan (Efesus 1:20) Untuk mengalami divine power, kita harus dipenuhi oleh Tuhan sendiri. Agar kita dapat senantiasa mengalami kepenuhan Tuhan, kita harus  mengenal kasih Tuhan yang sudah membayar lunas  hidup kita dengan darahNyai.

Hidup ini adalah anugrah,dan  kita harus mengerti bahwa kita lebih dari pemenang. Jangan pernah menyia-nyiakan hidup kita. Hiduplah menjadi berkat bagi orang lain supaya nama Tuhan dipermuliakan. Amin!