Kingdom of God Within You | Pdt. Jonathan Anton

Kingdom of God Within You

Pdt. Jonathan Anton

29-11-15

“Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: “Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu.” (Lukas 17:20-21)

Firman Allah mengatakan bahwa sesungguhnya Kerjaan Allah ada di antara kita, dan pengajaran tentang Kerjaan Surga sering disampaikan melalui perumpamaan agar dapat dimengerti oleh orang biasa. Ada tiga pernyataan yang dapat diambil dari ayat di atas, antara lain:

  1. Kerajaan Allah ada di dalam kita. Kerajaan Allah tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Jangan menyempitkan pandangan bahwa pelayanan itu hanya di dalam gedung gereja saja. Justru karena Kerajaan Allah ada di dalam kita, maka kita harus dapat mewartakan kabar baik ini kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan.
  2. Kerajaan Allah ada di tangan kita. Hal ini berbicara tentang otoritas dan kuasa. Sudah seharusnya gereja belajar untuk memberi daripada menerima dan mengajarkannya kepada jemaat Tuhan. Sebab, jika tidak demikian, maka kita akan selalu berfokus kepada kekurangan kita.
  3. Kerajaan ada di antara kita. kita adalah perwakilan Kerajaan Surga di dunia ini (Representative of Christ’s Kingdom – ROCK). Karena itu, kita harus mengerti bahwa kita mengusung identitas Kerajaan Allah di manapun kita ditempatkan. Setiap yang kita kerjakan, lakukan, dan perkatakan, pastikan bahwa semuanya itu mewakili identitas yang kita usung.

Ketika kita memprioritaskan Kerajaan Allah tiap hari dan mencari kebenaranNya, maka semuanya akan ditambahkan kepada kita, termasuk kuasa natural dan supranatural. Kerajaan Allah itu ada di tangan kita, di dalam kita, dan tidak berjalan melalui tanda-tanda lahiriah. Kerajaan Allah berlaku dalam hidup kita saat kita sadar bahwa Kerajaan Allah bukan soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita oleh Roh Kudus (Roma 14:17. Hal iiniberbicara tentang kuasa yang bekerja kuat di dalam kita. Gunakan kuasa yang Tuhan berikan di dalam hidup kita dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita juga harus bertanggung jawab terhadap kuasa ini, dan harus mengaplikasikannya agar orang lain boleh memperoleh kebenaran yang sejati dan hidup mereka diubahkan. Segala sesuatunya akan diambil daripada kita apabila kita tidak dapat menggunakan atau mempertanggung jawabjkan dengan baik dari apa yang telah dipercayakan Tuhan kepada kita. Matius 11:25 mengatakan, “Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.” ‘Orang kecil’ merujuk kepada siapapun yang menerima, mendengar Firman tersebut dan melakukannya, sehingga hidupnya berkenan di hadapan Bapa.

Matius 11:27, “Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.” Ketika pengajaran Kerajaan Allah disampaikan, harus diimbangi dengan pengetahuan dan pengenalan akan Allah, sehingga kita akan kuat dalam menghadapi peperangan, ketakutan kita lenyap, dan kita bertindak berani di atas kebenaran.

Daniel 11:32b mengatakan, “tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak.” Kenali Allah serta kebenaran FirmanNya agar kita tetap kuat dan bertindak dalam kebenaran. Dalam Yoel 1, Tuhan memerintahkan kita untuk mengajarkan kebenaran ini kepada anak-anak kita turun temurun, dan mewariskan kebenaran ini kepada seluruh generasi di bawah kita sebagai ‘legacy’/ warisan rohani yang benar. Sehingga mereka dapat meneladani kehidupan kita, dan keturunan kita menjadi orang benar, dan nama Tuhan dipermuliakan.

Beralih dari memiliki kegiatan agamawi menjadi memiliki hubungan yang sejati dengan Tuhan, dan mengaplikasikan kebenaran Firman Allah dalam kehidupan kita. Kita telah memiliki kuasa oleh karena Kerajaan Sorga sudah ada dalam hidup kita. Kita akan memiliki kehidupan yang penuh kuasa, berdampak, dan dimampukan untuk melakukan hal-hal yang dahsyat dan ajaib kepada orang lain. Yang sakit disembuhkan, yang terikat dilepaskan dan orang-orang di sekitar kita akan memperoleh kebebasan, sehingga nama Tuhan dipermuliakan. Amin!