NEW DIMENSION | Pdt. Yohanes Heryjanto

New Dimension


Pdt. Yohanes Heryjanto

10-01-16

Rajawali mengalami masa kritis diusia empat puluh tahun, karena kuku kakinya sudah bengkok, paruhnya sudah melengkung, dan bulunya sudah sangat lebat. Rajawali harus terbang di tempat yang tinggi, yang ada air dan makanan, ia harus mematahkan kukunya, paruhnya dan mencabuti bulunya. Menunggu selama 150 hari, maka keluarlah kuku dan paruh, serta bulu-bulu yang baru. Ini adalah dimensi baru untuk rajawali, setelah masa kritis ini, ia dapat mencapai usia 80 tahun.

Kitapun pernah mengalami masa-masa kritis, lalui bersama Tuhan, dan nikmati tahun dimensi baru yang luar biasa ini.

Maju dan Kalahkan (Bilangan 13:30)

Latar belakang Firman Tuhan ini adalah dimana bangsa Israel sudah dekat dengan Tanah Perjanjian, mereka sudah ada di padang gurun Paran. Tuhan berkata kepada Musa untuk memilih beberapa orang untuk mengintai. Maka dipilih 12 pengintai: mereka adalah para pemimpin, mereka melihat yang sama tetapi hasilnya berbeda, 10 orang membawa kabar busuk, buruk, melemahkan, tetapi 2 orang yaitu Yosua dan Kaleb membawa kabar baik. 10 pengintai yang membawa kabar buruk, membuat orang Israel yang lain mengerutu, mengeluh, serta tawar hati. Sikap Kaleb berbeda dan berkata, ”Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya.” Bagaimana Kaleb bisa memiliki pandangan yang berbeda? Kaleb memandang dari dimensi yang berbeda, itu terjadi karena Kaleb mengenal Tuhannya dan tahu bahwa kekuatan Tuhan ada di atas kekuatan siapapun.

Seringkali kita membandingkan Tuhan dengan diri kita yang terbatas. Kita terbatas, tetapi Tuhan tidak terbatas. Caba bandingkan Kaleb dan Yosua 2 banding 10. Kaleb harus berhadapan dengan sekitar 2 juta orang, Kaleb berani menentang arus, siapa yang membela mereka Tuhan. Firman Tuhan mencatat bahwa Kaleb mengikut Tuhan dengan sepenuh hatinya (Bil.32:11-12). Intinya Kaleb mau ikut Tuhan dalam segala keadaan. Waktu semua berjalan dengan baik dan menyenangkan, Kaleb ikut Tuhan, waktu keadaan semakin berat dan sulit serta berbahaya. Kaleb juga tetap ikut Tuhan. Ini bukti nyata sikap Kaleb yang mengikut Tuhan dengan sepenuh hati. Maju dan kalahkan, Tuhan menyertaimu.

Dimensi Roh

Bilangan 14 : 24 “ lain jiwanya…..” (different spirit)

Perbedaan dimensi roh Kaleb dan 10 Pengintai lainnya:

Kaleb memiliki:
– Spirit of winner/roh pemenang (Bilangan13:30),
– Spirit of giant /roh raksasa (Bilangan 14:9),
– Spirit of faith /roh iman (Bilangan 14:6–9), sementara kesepuluh pengintai memiliki
– Spirit of loser/roh pecundang (Bilangan13:31-32),
– Spirit of grasshoppers /roh belalang (Bil13:33),
– Spirit of complain/ roh bersungut–sungut (Bilangan 14:1– 3)

Apakah Anda memiliki a different spirit (dimensi roh yang berbeda), sehingga sikap, cara pandang Anda berbeda, apalagi Anda melibatkan Allah yang menolong dan membelamu

Bilangan 14:9 ;”Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis.(KJV, for they are bread for us), (The Message: we’ll have them for lunch) Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka.”

Tantangan yang berat dan besar bisa Anda telan, mereka kayak roti dan jadi makan siang, tidak boleh takut, Tuhan besertamu

Engkau akan menghadapi tantangan yang lebih besar, lebih kuat dari padamu, akan banyak tantangan yang akan Anda hadapi, tapi jangan takut lihatlah Tuhanmu yang menyertaimu.

Dimensi baru : Berikan Pegunungan itu (Yosua 14:11-12)

Kaleb sudah ada diTanah Perjanjian, dan ia mengalami penundaan 45 tahun untuk menerima janji. Yosua 21:45 Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi. Kaleb katakan dirinya masih sekuat 45 tahun yang lalu. Dia masih siap berperang dengan tenaga yang seperti dulu. Ini Mujizat. Bahkan Kaleb meminta pegunngan itu, pegunungan apa yang Anda minta di tahun ini, minta yang besar karena Tuhanmu besar.

Di tahun dimensi baru ini Anda akan melihat mujizat-mujizat Tuhan, terobosan dan kesempatan baru dibuka oleh Tuhan bagimu, alamilah tahun yang luar biasa ini. Amin!