DO A GREATER WORKS | Khoo Hin Hiong

DO A GREATER WORKS | Khoo Hin Hiong

DO A GREATER WORKS

Ev. Khoo Hin Hiong

07-02-16

Yohanes 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Ketika kita memasuki tahun ini 2016, Firman Tuhan mengatakan bahwa kita akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang jauh lebih besar lagi, bukan hanya secara kualitas, karena memang kualitas Yesus tidak pernah bisa kita capai tetapi juga secara kuantitas.

Rasul Paulus mengatakan bahwa kita harus menjadi serupa dengan Kristus, sebagaimana Rasul Paulus meneladani Kristus sehingga dia sanggup melakukan pekerjaan-pekerjaan dan menyelesaikan hal-hal luar biasa melebihi apa yang Yesus lakukan di muka bumi. Demikian juga dengan Petrus ketika dia berkhotbah ada tiga ribu orang yang bertobat (Kisah Para Rasul 2:41), hanya dengan satu kali berkhotbah Petrus sudah melakukan lebih banyak dari yang Yesus lakukan.

Pada waktu Yesus ada di dunia, Yesus hanya melayani sejauh 70 mil perjalanan tetapi saat ini Nama Yesus dapat dikenal diseluruh dunia, hanya karena duabelas murid, tujuhpuluh dan limaratus orang muridNya serta karena kita semua. Jadi janji Tuhan di tahun 2016 bahwa kita akan bertumbuh menjadi lebih rohani dan lebih sukses lagi. Karena itulah yang Tuhan tuntut dari hidup kekristenan kita yaitu agar kita melakukan yang terbaik.

Yohanes 14:13-14: dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Ada 3 hal yang kita dapat pelajari dalam ayat tersebut:

  1. Apa juga (whatever) = Apa pun, sesuatu apapun

Tuhan tidak hanya menuntut pertumbuhan kehidupan Kekristenan kita tetapi FirmanNya juga mengatakan bahwa jika kita ingin meminta apapun juga kepada Tuhan dan Tuhan akan melakukannya asalkan kita setia kepada Kristus dan setia kepada FirmanNya.

  1. Dalam nama Yesus

Jika kita percaya secara total kepada Yesus dan menyerukan namaNya maka akan ada kuasa yang menyertai. Nama Tuhan Yesus adalah jaminan untuk apapun yang kita butuhkan digenapi.

  1. Tuhan akan melakukannya

Tuhan berjanji akan memenuhi kebutuhan kita ketika kita meminta apapun dalam nama Yesus. Hati dan pikiran kita harus senantiasa dipenuhi pikiran Kristus bahwa Bapa tidak pernah menjadikan kita tidak berguna. Karena itu jika kita percaya akan apa yang Yesus katakan maka janganlah kita berpikir negatif sebab Tuhan telah menyediakan apa yang kita butuhkan.

Tuhan menghendaki agar semua orang mendengarkan Firman dan diselamatkan, tidak satupun yang binasa. Kita harus memperkatakan Firman Tuhan kepada mereka karena Tuhan berjanji bahwa apa saja yang kita minta pasti Tuhan berikan.

Bagaimana kita menyatakan iman kita? Kita harus percaya kepada Yesus di dalam hati dan mengucapkan dengan mulut. Seperti yang ditulis oleh Firman Tuhan ”jika kamu mengaku dengan mulutmu bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari anatara orang mati, maka kamu akan diselamatkan (Roma 10:9). Karena itu sangat penting untuk kita mengaku dan menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan.

Ukuran iman kita sebagai murid Kristus agar kita senantiasa berkemenangan adalah kita menjadi orang yang dipanggil, dipilih dan yang setia (wahy 17:14). Sebab ada banyak orang yang dipanggil dalam pelayanan Yesus, tetapi pada akhirnya mereka mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia (Yohanes 6:66). Ada 12 murid yang dipilih Yesus tetapi satu orang yang gagal yakni Yudas Iskariot, karena tidak setia. Tetapi ada 3 orang murid Yesus yang setia dipilih Yesus untuk naik ke atas gunung, mereka mengalami pengalaman rohani transfigurasi Musa dan Elia sedang berbicara dengan Yesus (Matius 17:3). Yesus mengajak Petrus, Yakobus dan Yohanes untuk melihat sesuatu yang sangat penting sebagai orang yang dipilih dan setia.

Dalam 2Timotius 2:2 Rasul Paulus juga menugaskan Timotius untuk mengajar orang-orang yang setia dan dapat dipercayai serta yang juga cakap mengajar orang lain. Bukan kepada orang-orang yang berkemampuan hebat, sebab jika seorang yang setia kepada Tuhan dan FirmaNya maka Roh Kudus akan memberinya hikmat yang melebihi kepandaian manusia.

Orang yang setia kepada Tuhan akan diberikan keberanian, kemampuan, kesempatan dan waktu yang tepat untuk membagikan Firman dan membawa orang kepada Kristus sekalipun orang lain belum mau menerimanya tetapi kita percaya bahwa bukan kita yang bisa mengubah seseorang hanya Tuhan yang bisa mengubah hati manusia.

Pencobaan bisa terjadi dalam kehidupan kita, tetapi jika kita meminta apapun juga yang kita butuhkan di dalam Nama Yesus dan sadar bahwa kita adalah orang-orang yang telah dipilih dan dipanggil serta setia kepada Tuhan dan Firmannya maka Tuhan pasti akan memberikan dan mengubah keadaan serta menjadikan kita pemenang dan menikmati berkat-berkat KerajaanNya. Amin.