Ringkasan kotbah | Pdt Thomas Thanudarma

Ringkasan kotbah | Pdt Thomas Thanudarma

Pdt Thomas Thanudarma

20-03-16

Dimensi mengandung 3 hal panjang lebar dan tinggi, dalam arti rohani juga ada 3 hal yang harus kita perhatikan ketika kita akan memperbesar dimensi rohani kita inilah yang akan diperbesar oleh Tuhan dalam hidup kita :

  1. Kwantitas : ini berbicara pelipatgandaan, bukan saja secara materi tetapi juga jiwa-jiwa yang akan dimenangkan dan perluasan daerah-daerah bagi Kristus melalui hidup kita
  2. Kwalitas: kita akan menjadi lebih baik setiap hari.
  3. keberartian/ significanti: dari yang tidak berarti menjadi berarti.

Tema dari Spring of Planting ada kaitan erat antara menanam, menabur, dan hasil tuaian, sebab apa yang kita tabur dan tanam akan menentukan dimensi tuaian kita.

 Kedewasaan itu  seperti siklus ulat menjadi kupu-kupu demikian juga dimensi  kedewasaan manusi, karena kedewasaan bukan soal kepandaian, status sosial, umur, lamanya kita menjadi Kristen sebab yang Yesus inginkan adalah menjadi dewasa secara karakter.Belajar dari  Musa dalam perjalanan hidupnya 40 tahun di istana, 40 tahun melarikan diri ke Midian(artinya kepahitan) sebuah tempat di tepi padang gurun dan 40 tahun lagi  di padang gurun membawa 3 juta bangsa Israel yang tegar tengkuk bahkanakhirnya  ia tidak masuk ke tanah perjanjian, Musa meninggal di gunung Nebo dalam usia 120 tahun, terlihat hidupnya ada dalam keadaan yang tidak tepat.

Dari perjalanan hidup Musa kita akan belajar 3 dimensi kedewasaan:

1. Dewasa dalam mengambil keputusan; memiliki pertimbangan yang matang dalam bertindak atau mengambil keputusan.

a. Utamakan solusi, bukan emosi Amsal 16:32….

b. Utamakan cara Tuhan dan bukan cara dunia; cara Tuhan mungkin bukan yang termudah  tetapi cara Tuhan pasti akan mendatangkan kebaikan.kedepankan kebenaran bukan pembenaran.

c. Utamakan orang lain dan bukan ego kita sendiri, sebab ego yang dipertahankan akan menjadi sumber pertengkaran.

2. Dewasa dalam tanggungjawab: Ibrani 13:17…

a. Jangan lari dari tanggungjawab tapi bertanggungjawab sampai akhir .

b. Mengerjakan tanggung jawab dengan setengah hati seharusnya  miliki spirit of  Exelent,    melakukan segala sesuatu lebih dari apa yang diharapkan.

c. Tidak mengeluh dalam mengerjakan tanggung jawab tetapi dengan sukacita.

3. Dewasa dalam sikap I Korintus 13:11….

a. Dewasa dalam berkata-kata: perkataan kita akan memiliki kuasa untuk membangun atau menjatuhkan orang lain.

b. Berperasaan dengan matang

c. Berpikir positif: seringkali pikiran yang tidak dipenuhi pikiran Kristus akan membawa kehancuran dalam hidup ini.

Perluas dimensi kedewasaan rohani kita dengan belajar dari Raja yang Agung Tuhan Yesus Kristus, semakin menjadi serupa dengan gambarNya, amin.