“CHRIST IN YOU, THE HOPE OF GLORY” | Pdt. Dr. Timotius Arifin Tedjasukmana

“CHRIST IN YOU, THE HOPE OF GLORY” | Pdt. Dr. Timotius Arifin Tedjasukmana

To them God willed to make known what are the riches of the glory of this mystery among the Gentiles: which is Christ in you, the hope of glory.

Kolose 1:27; Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

Ada harta tersembunyi dalam diri kita yang seringkali tidak kita sadari, harta itu adalah pribadi Tuhan sendiri. Pribadi Kristus Sang Firman, Sang Hidup, Sang Terang dan Sang Kasih (Logos, Life, Light & Love) itu ada dalam hidup kita dan Pribadi itulah yang merupakan pengharapan dan jaminan bagi kita.

Kita tidak sekedar menjadi anggota atau pengikut sebuah agama tetapi kita berjalan bersama Tuhan yang memberikan pengharapan dan kemenangan. Oleh sebab itu ketika kita sedang berada dalam masalah dan persoalan jangan mencari pertolongan di tempat lain, sebab Pribadi Kristus yang ada dalam diri kita itulah yang akan memampukan kita melewati setiap persoalan.

Roadmap hidup kita terdapat dalam Roma 8:29-30;

(29) Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. (30) Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

Setiap kita telah dipilih-Nya dan ditentukan untuk menjadi serupa dengan Kristus. Serupa dengan Kristus bukan berarti berusaha meniru Kristus, tetapi bagaimana kita menampilkan Pribadi Kristus melalui hidup kita sehingga orang lain melihat bahwa Firman, kasih dan kuasa Kristus nyata dalam hidup kita.

Mengutip pernyataan Paul J. Meyer bahwa: “Berusaha meniru Kristus bukan hanya usaha yang sia-sia, melainkan juga salah. Saya tidak menyadari bahwa Kristus menempatkan hidup-Nya didalam saya sehingga Dia dapat menyatakan hidup-Nya melalui saya. Saya tidak perlu meniru-niru Dia. Saya menjadi seperti Dia karena Dia ada didalam saya.”

Kita telah dipaggil, dibenarkan dan dimuliakan-Nya. Tugas kita sebagai orang pilihan adalah memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Kristus.

1 Petrus 2:9  “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.”

Untuk mampu menyatakan perbuatan-perbuatan besar yang telah Tuhan lakukan dalam hidup kita maka harus kembali pada dasar rencana Tuhan bagi masyarakat mesianik yang dipilih dan dikuduskan-Nya (The Original Purpose Of Messianic Community) yaitu:

  1. To Be His Offspring (Untuk Menjadi Keturunan-Nya)

Ketika kita menerima Kristus dalam hidup kita maka kita diangkat menjadi anak-anak Allah dan ada benih ilahi yang telah Tuhan taruh dalam hidup kita, sehingga kita tidak perlu berusaha meniru Kristus tetapi bagaimana hidup kita mencerminkan bahwa Kristus hidup dan ada di dalam diri kita. Seorang anak tidak perlu meniru orang tuanya karena dengan sendirinya ia akan mirip dengan orang tuanya.

  1. To Have Fellowship With Him (Untuk Bersekutu Dengan Dia)

Persekutuan kita adalah persekutuan dengan Bapa dan Yesus Kristus Tuhan kita (1Yohanes 1:3). Sebagai makhluk roh maka kita dapat bersekutu dengan Tuhan melalui penyembahan kita dalam roh dan kebenaran.

  1. To Manifest His Nature (Untuk Menyatakan Sifat-Nya)

Kita diberi benih ilahi supaya hidup kita akan menyatakan karakter dan pribadi Tuhan serta hidup dalam nilai-nilai LIGHT (Love, Integrity, Generosity, Humility, Truth) sehingga orang di sekitar kita melihat bahwa ada Kristus dalam hidup kita.

  1. To Share His Rule (Memerintah Bersama Dia)

Sang Raja memerintah dengan perkataan yaitu Firman-Nya, oleh sebab itu kita harus senantiasa memperkatakan Firman dan menjadi pelaku-pelaku Firman dalam hidup kita sehingga Firman itu nyata dan termanifestasi melalui hidup kita.

  1. To Expand Family Business (Mengembangkan Bisnis Keluarga)

Bisnis di dalam Kerajaan Allah adalah jiwa-jiwa, hidup kita harus mampu membawa jiwa-jiwa datang kepada Tuhan.

  1. To Rely On The Father For Personal Needs & Kingdom Needs (Mengandalkan Bapa Untuk Kebutuhan Pribadi & Kebutuhan Kerajaan)

Pribadi Kristus yang ada dalam hidup kita menuntun kita untuk senantiasa bergantung sepenuhnya kepada Bapa karena Bapa akan memenuhi segala kebutuhan kita menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya.

  1. To Execute His Righteous Judgement (Untuk Melaksanakan Keadilan-Nya)

Jangan mencari keadilan di luar Tuhan karena Tuhanlah sumber keadilan yang sejati dan Tuhanlah pembela kita.

Pengharapan kita adalah Kristus yang di dalam hidup kita dan biarlah rahasia ini masuk di dalam diri kita dan menjadi kemenangan serta pengharapan bagi kita. Amin.