THE YEAR OF NEW HEIGHTS | Pdt. Dr. Timotius Arifin Tedjasukmana

THE YEAR OF NEW HEIGHTS | Pdt. Dr. Timotius Arifin Tedjasukmana

 

 

Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering.

Yesaya 41:18

Sebagaimana Rajawali tidak takut badai, tapi justru naik terbang lebih tinggi mengatasi badai, maka Tuhan juga akan membawa kita naik mengatasi badai kehidupan dan guncangan-guncangan dunia. Untuk kita mencapai ketinggian/puncak yang baru , Tuhan memberikan hal-hal baru yang akan kita alami di tahun 2017 yaitu:

  1. NEW STRENGTH (Isaiah 40:27-31, Isaiah 41:1)

Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. (Yesaya 40:31)

Dengarkanlah Aku dengan berdiam diri, hai pulau-pulau; hendaklah bangsa-bangsa mendapat kekuatan baru! (Yesaya 41:1)

Saat ini banyak orang pergi ke tempat-tempat khusus untuk mencari ketenangan, tetapi sesungguhnya ketenangan, kekuatan dan damai sejahtera sudah diberikan Tuhan dalam hidup kita. Untuk mendapatkannya ada 2 syarat:  

  1. ‘qavah’ yaitu menunggu dan berharap. Hadapi roh Babel dan Persia dengan berpuasa dan berdoa. Puasa saat ini tidak hanya tentang makanan, tapi juga puasa menggunakan Facebook, menonton sinetron Korea, atau hal apapun yang mengikat kita.
  2. Tetap tenang. Ketika bersikap tenang, kita menunjukkan kerendahan hati di hadapan Tuhan, yaitu sikap bahwa kita membutuhkan pertolongan-Nya dan kita percaya pertolongan Tuhan akan tiba tepat pada waktunya.

Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.” (Yesaya 30:15).

2. New Protection – Because of The Covenant (Isaiah :41:8-9)

Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih, keturunan Abraham, yang Kukasihi; engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi dan yang telah Kupanggil dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: “Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau”. (Yesaya 41:8-9).          

Saat ini terus berlangsung pemulangan orang-orang Yahudi dari bangsa-bangsa, kembali ke tanah Israel. Hal ini terjadi bukan karena keinginan dan kemampuan mereka sendiri, tetapi karena kasih setia Tuhan yang menggenapi perjanjian-Nya kepada Abraham, yang disebut Tuhan sebagai sahabat-Nya. Perlindungan Tuhan terhadap bangsa Israel digenapi-Nya karena perjanjian-Nya dengan Abraham, demikian juga hidup kita sebagai keturunan Abraham secara rohani juga akan mendapatkan perkenanan Tuhan jika kita hidup melakukan seluruh kehendak-Nya.

3. New Courage (Isaiah 41:10-14)

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. (Yesaya 41:10)  

Janganlah takut menghadapi segala tantangan dan ketidakpastian di tahun 2017, karena Tuhan Allah yang perkasa berjanji untuk selalu menyertai dan menolong kita.

“Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.”…. demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel. (Yesaya 41:13-14).

Dalam bahasa aslinya kata menebus adalah ‘ga-al’, ‘kinsman-redeemer’ yaitu penebusan oleh keluarga dekat dengan memberikan pembalasan kepada orang yang membunuh anggota keluarga, atau menebus keluarga yang jatuh miskin, seperti yang dilakukan Boas terhadap Rut.

 4. New Effectiveness (Isaiah 41:15-16)

Tuhan akan membuat kita lebih efektif dan tajam dengan memberikan kemampuan-kemampuan baru dan hikmat-hikmat baru kepada kita di dalam pekerjaan, pelayanan dan segala aktivitas kita. Maka Tuhan akan membuat kita meningkat, bukan dengan cara semakin keras bekerja, tapi dengan bekerja lebih efektif melalui hikmat yang diberikan-Nya.

Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar; engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya, dan bukit-bukitpun akan kaubuat seperti sekam. 
(Yesaya 41:15).

Sebagaimana besi menajamkan besi, maka Tuhan pun akan memakai sesama untuk membuat  kita semakin tajam (Amsal 27:17).

5. New Revival (Isaiah 41:18-20).

Goal kita bukanlah ‘successful’ tapi fruitful’. Untuk berbuah banyak, kita harus menjadi serupa dengan Kristus. Saat menjadi serupa dengan-Nya, maka kita akan mengalami mujizat dan kebaikan Tuhan di tengah situasi yang tampaknya mustahil. Dan orang akan melihat bahwa hal itu berasal dari Tuhan dan mereka akan memuliakan nama-Nya. Revival tidak hanya secara rohani, tetapi juga dalam seluruh aspek hidup kita, bagaimana hidup kita menjadi berkat bagi orang lain. Revival juga terjadi dalam bisnis, masyarakat, bangsa dan negara sehingga Kerajaan Allah ditegakkan dan nama Tuhan dipermuliakan.

Hal-hal tersebut akan menyertai kehidupan kita melewati tahun 2017 untuk naik kepada ketinggian/puncak yang baru asalkan kita setia menanti-nantikan Tuhan, tidak takut terhadap segala tantangan yang ada di hadapan kita serta memiliki rasa lapar dan haus akan kebenaran Tuhan. AMIN.