THE BLESSINGS IN THE VALLEY | Pdt. Dr. Timotius Arifin Tedjasukmana

THE BLESSINGS IN THE VALLEY | Pdt. Dr. Timotius Arifin Tedjasukmana

 

 

The Blessings In The Valley (Berkat-berkat di Lembah), tema ini merupakan sebuah oksimoron yaitu dua buah kata yang tidak dapat disatukan dan saling bertolak belakang. Lembah sering kali digambarkan sebagai suatu keadaan yang sulit, keadaan yang buruk dan tidak menentu. Pada saat kita berjalan melewati lembah sepertinya Tuhan tidak mendengar dan tidak menjawab doa-doa kita.

Lembah tidak selamanya buruk, lembah juga merupakan tempat yang subur. Dalam Mazmur 84 pemazmur mengatakan bahwa betapa disenanginya tempat kediaman Tuhan karena ia sangat cinta dan rindu akan kehadiran Tuhan. Pemazmur sepertinya merasa iri terhadap burung layang-layang dan burung pipit. Pada waktu itu tidak semua orang boleh dengan bebas datang menghampiri Bait Allah, ada sebuah tirai yang membatasi antara pelataran, ruang kudus dan ruang maha kudus. Selain orang Israel tidak boleh mendekat ke bait Allah, pria Yahudi yang sungguh-sungguh layak hanya bisa sampai di pelataran sedangkan suku Lewi yang melayani di bait Allah hanya bisa masuk di ruang kudus, tetapi untuk masuk ke ruang maha kudus hanya Imam Besar keturunan Harun. Oleh sebab itu pemazmur merasa iri terhadap burung-burung tersebut. Burung pipit adalah burung yang sangat murah (Matius 10:29) tetapi mereka dapat dengan bebas masuk ke dalam Bait Allah bahkan bisa membuat sarang di dalamnya.

Dalam Mazmur 84 ini ada 3 berkat “Asher” yang disediakan bagi orang percaya. Asher artinya berbahagia, bersukacita.

3 FOLD “ASHER” BLESSINGS:

  1. Tinggal di rumah Tuhan dan terus menerus memuji Dia

Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Sela (Mazmur 84:5)

Tinggal di rumah Tuhan bukan berarti kita terus menerus tinggal di gedung gereja melainkan memiliki sikap hati yang dekat dengan Tuhan dan terus menerus memuji Tuhan apapun keadaannya. Pada saat diberkati sangat mudah untuk kita memuji Tuhan, tetapi orang yang tinggal di rumah Tuhan akan tetap memuji Tuhan sekalipun dalam keadaan sulit.

2. Kekuatannya hanya di dalam Tuhan

Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah! (Mazmur 84:6)

Dalam kehidupan ini, apakah yang menjadi sumber kekuatan kita? Orang yang kekuatannya di dalam Tuhan akan berjalan makin lama makin kuat dan mereka sendirilah yang sanggup membalikkan keadaan. Apabila melintasi lembah baka (lembah air mata) mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air (Mazmur 84:7).

3. Percaya hanya kepada Tuhan

Ya TUHAN semesta alam, berbahagialah manusia yang percaya kepada-Mu!
(Mazmur 84:13)

Perkataan percaya (trust) ini artinya mempercayai Tuhan dengan sungguh-sungguh dan menaruh kepercayaannya hanya kepada Tuhan.  Saat ini jika sepertinya doa-doa kita belum dijawab, bukan berarti Tuhan diam, tetapi karena posisi kita sedang di lembah. Ada bagian yang harus kita lakukan sebagai trigger dan sorga akan intervensi yaitu dengan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan atau membalas caci maki dengan caci maki namun sebaliknya. Kita juga harus menjaga perkataan kita serta menjauhi kejahatan (1 Petrus 3:8-12).

Jadi berkat-berkat kebahagiaan dan sukacita tersebut akan diberikan kepada orang-orang yang tinggal di rumah Tuhan dan terus menerus memuji Dia, yang menaruh kekuatannya hanya di dalam Tuhan dan hanya percaya kepadaNya. Selain berkat kebahagiaan Tuhan juga memberikan berkat-berkat (BERACHAH) sekalipun kita berada di lembah.

Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela. (Mazmur 84:12)

4 FOLD “BERACHAH” BLESSINGS

  1. GOD’S PRESENCE (KEHADIRAN)
  2. GRACE (KASIH KARUNIA)
  3. GLORY                      (KEMULIAAN)
  4. GOOD THINGS (KEBAIKAN)

Jika kita senantiasa menjaga hidup kita dengan hidup tidak bercela di hadapannya maka hadirat Tuhan akan senantiasa menyertai hidup kita dan Tuhan akan mencurahkan kasih dan kemuliaanNya serta kebaikanNya dalam hidup kita. Amin.