Defeat Your Giants | Pdt. Dr. Samuel Kusuma

Defeat Your Giants

Pdt. Dr. Samuel Kusuma

25-05-14

2 Korintus 2:14 menulis, “Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.”Ini berarti bahwa kita ditetapkan untuk menjadi pemenang selama kita berjalan dalam jalanNya dan melalui hidup kita, nama Yesus dipermuliakan. Tuhan menjanjikan kemenangan dalam pergumulan. Meski melalui badai hidup, Dia sanggup mengubah hal yang buruk menjadi baik.

Salah satu kisah yang kelihatan mustahil pada awalnya adalah ketika Daud mengalahkan Goliath. Sebelum Daud mengalahkan Goliat, ada kemenangan-kemenangan ‘kecil’ yang dia peroleh karena sikap hatinya benar. Kemenangan itu antara lain:

  1. Menang atas kesombongan (1 Samuel 16:13, 17:17-20)
    Daud sudah diurapi oleh Samuel menjadi raja, namun begitu dia tetap rendah hati, Daud tetap bersedia ketika ayahnya menyuruh dia mengantar makanan bagi kakak-kakaknya di medan perang. 1 Petrus 5:6 mengatakan, “Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.”
  1. Menang atas sikap tidak bertanggung jawab
    Saat disuruh ayahnya menjadi pengantar makanan, Daud menitipkan domba Isai yang menjadi tanggung jawabnya ke penjaga, sehingga domba domba tersebut tidak terbengkalai (1 Samuel 17:20). Lukas 16:12 mengatakan bahwa kita harus setia terhadap perkara-perkara kecil, baru kita dipercayakan perkara-perkara yang lebih besar lagi. Milikilah tanggung jawab terhadap hal yang diserahkan kepada kita.

3. Menang atas emosi negatif (1 Samuel 17:28-30)

Daud tetap tenang walau kakaknya mengolok-olok dia. Daud tahu bahwa salah satu kunci hidup berkemenangan adalah dengan memberikan reaksi yang benar atas aksi yang negatif. Aksi bisa negatif, tapi reaksi harus tetap positif. Efesus 4:31-32 mengatakan “Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

 4. Menang atas sikap meremehkan

Daud mengalami bagaimana dia diremehkan, baik oleh Saul (1 Samuel 17:33,37) maupun oleh Goliat (1 Samuel 17:42-43, 45). Namun Daud tidak berkecil hati ataupun pahit hati. Mari kita maju terus dan percaya bahwa pasti Tuhan beri kemenangan. Filipi 4:13 mengatakan bahwa, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Karena itu, kita harus yakin bahwa tidak ada yang sulit selama kita berjalan bersama Yesus.

Marilah kita kalahkan raksasa- raksasa dalam hidup kita dengan mulai mengalahkan raksasa-raksasa kecil dalam hidup kita. Tuhan memberkati.