ATTITUDE

ATTITUDE 

Bacaan Setahun: 
2 Kor. 12 , Yer. 39-41 

“Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!” Tetapi orang-orang yang pergi ke sana bersama-sama dengan dia berkata: “Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita” (Bilangan 13:30, 31)

Attitude adalah sebuah kata dalam bahasa Inggris, menurut kamus bahasa Inggris, artinya Aadalah pendapat seseorang tentang orang lain atau tentang sesuatu. Arti lain dari attitude dalam bahasa Inggris adalah sudut pandang, orientasi, cara berpikir, perspektif, pendekatan, temperamen, reaksi, dan banyak lagi. Dalam bahasa Indonesia, attitude biasanya diterjemahkan sebagai “sikap.”

Kita sering mendengar pepatah dalam bahasa Inggris, “your attitude determines your altitude,” yang berarti sikap Anda menentukan sejauh mana Anda mencapai. Pertanyaannya adalah, seberapa pentingkah sikap? Ada juga pepatah yang mengatakan, “kesuksesan yang besar tidak berasal dari melakukan hal yang besar, tetapi dimulai dengan melakukan hal-hal kecil dengan semangat yang besar.” Melakukan hal kecil dengan semangat yang besar adalah sikap (attitude) yang jarang ditemukan, namun disinilah sebenarnya kunci kesuksesan terletak.

Dalam pertandingan olahraga, peran pelatih tidak hanya melibatkan pelatihan teknis dan keterampilan, tetapi juga pembinaan mental. Seorang atlet yang memiliki keyakinan kuat akan kemenangan telah memenangkan setengah pertandingan, bahkan jika ia memiliki keterampilan teknis yang lebih baik tetapi kurang dalam aspek mental, ia mungkin akan kalah.

Di dalam Alkitab, diceritakan bahwa dua belas pengintai mewakili dua belas suku Israel dikirim oleh Musa untuk mengintai tanah Kanaan. Sepuluh pengintai memiliki sikap negatif, yaitu percaya bahwa mereka akan kalah karena musuh lebih kuat, sementara dua pengintai memiliki sikap positif, yakin bahwa Tuhan akan menyertai mereka meskipun musuh kuat. Pada akhirnya, kemenangan sesuai dengan perkiraan dua pengintai tercapai.

Kisah Daud melawan Goliat, raksasa Filistin, juga tidak pernah terlupakan. Allah bekerja melalui sikap Daud yang penuh keyakinan. Dalam perkataannya, Daud menyatakan, “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” (1 Samuel 17:37). Daud akhirnya menang dalam pertarungan itu.

Hidup ini seperti sebuah pertandingan, penuh tantangan dan kesulitan. Namun, sikap atau attitude Anda akan menentukan kemenangan dalam hidup ini. Jika Anda memiliki sikap sebagai “seorang pemenang” sebelum pertandingan dimulai, Anda telah memenangkan setengah pertandingan. Bagaimana sikap Anda dalam menghadapi pergumulan hidup? Menang atau kalah, semuanya tergantung pada sikap Anda. (DD)

Questions:
1. Bagaimana biasanya sikap Anda dalam menghadapi kehidupan?
2. Apakah mungkin kita memenangkan pertarungan hidup tetapi sikap kita telah menyerah sebelumnya?

Values:
Meskipun kita percaya bahwa Sang Raja adalah pemenang, jika sikap kita rentan menyerah, kita tidak akan mencapai kemenangan dalam masalah hidup.

Kingdom’s Quotes:
Hidup adalah seperti pertandingan yang penuh tantangan. Sikap dalam menghadapinya akan menentukan sejauh mana kita meraih kemenangan dalam hidup ini.