BERANI VS NEKAT

BERANI VS NEKAT 

Bacaan Setahun: 
2 Raj. 8-9 
Mzm. 58 

“Paulus dan Barnabas tinggal beberapa waktu lamanya di situ. Mereka mengajar dengan berani, karena mereka percaya kepada Tuhan. Dan Tuhan menguatkan berita tentang kasih karunia-Nya dengan mengaruniakan kepada mereka kuasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat.” (Kisah Para Rasul 14:3)

Sebelum Tuhan Yesus terangkat ke Sorga, Ia berpesan kepada murid-muridNya agar mereka tetap tinggal di Yerusalem sampai mereka diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi. Murid-murid yang dengan setia menantikan janji ini, ketika mereka sedang berdoa, maka goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani. Kuasa Roh Kudus yang memenuhi kehidupan orang percaya membebaskan setiap orang percaya dari ketakutan terhadap orang lain dan meningkatkan keberanian untuk memberitakan Firman Tuhan sekalipun harus mengorbankan nyawanya. Kepenuhan Roh Kudus telah menganugerahkan kuasa dalam kasih untuk menghasilkan pikiran yang jernih yaitu pikiran Kristus dan kuasa Firman Tuhan sebagai perlengkapan untuk memperkuat dan meneguhkan iman kita. Dari iman yang kuat kita akan memperoleh pikiran Kristus untuk dapat mengerti rencana Tuhan bagi setiap kehidupan kita.

Firman hari ini tidak mengajarkan kepada kita untuk tidak akan pernah takut alias nekat sebab Tuhan beracara dalam setiap rencanaNya. Tetapi hendaklah diketahui bahwa tidak satu pun ajaran firman Tuhan tentang jangan takut, mengajarkan kita untuk nekat yaitu berani tanpa berpikir jernih. Orang beriman tidaklah harus nekat sementara orang nekat tidak harus punya iman. Iman harus didasari oleh firman Tuhan dan oleh firman Tuhan itulah maka iman kita terbentuk. Sementara nekat timbul dari pikiran yang kalut dan jiwa yang goyah.

Dan dengan kuasa yang besar murid-murid memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah. Demikian juga dengan kehidupan kita, terhadap persoalan apa pun yang mungkin kita hadapi hari ini, kita tidak akan mudah tertunduk dan mudah menyerah atau justru menjadi nekat tanpa berfikir jernih. Oleh sebab itu dasari hidup kita dengan firman Tuhan dan minta Roh Kudus senantiasa memenuhi hidup kita, maka kita akan bertindak dengan iman dan bukan nekat, sebab Roh Tuhan yang ada dalam hati kita lebih besar dari persoalan apa pun di muka bumi ini. Saat kita berada dalam ketakutan dan kekhawatiran, ketahuilah bahwa kita sudah berada jauh dari Tuhan dan hadiratNya. Jika kita berada jauh dari Tuhan berarti kita berada dalam bayang-bayang iblis, dan jika kita terus khawatir dan takut dan tidak kembali ke hadirat Tuhan maka kita akan jatuh dalam dosa dan menjadi orang yang nekat. Anda mengerti? (RSN)

Questions:
1. Apakah yang membuat murid-murid dapat mengajar dan memberitakan Firman Tuhan dengan berani?
2. Sudahkah hidup kita dipenuhi oleh Kuasa Roh Kudus?

Values:
Kuasa Roh Kudus yang memenuhi kehidupan orang percaya memberikan keberanian untuk memberitakan Firman Tuhan sekalipun harus mengorbankan nyawanya.

Kingdom Quote:
Tidak satu pun ajaran firman Tuhan tentang jangan takut, mengajarkan kita untuk nekat yaitu berani tanpa berpikir jernih.