JESUS WAY

“Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.”Lukas 9:23

Mahatma Gandi, tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan India dengan cara damai, sering mengutip dari Khotbah di Bukit di Matius 5-7. Seorang misionaris E. Stanley Jones bertemu dengan Gandhi bertanya,"Anda sering mengutip kata-kata Kristus, mengapa Anda kelihatannya keras menolak untuk menjadi pengikutnya? Jawab Gandhi, "Saya tidak pernah menolak Kristus. Saya suka Kristus Anda. Tapi saya tidak suka dengan orang Kristen Anda. Jika orang Kristen benar-benar hidup menurut ajaran Kristus, seperti yang ditemukan di dalam Alkitab, seluruh India sudah menjadi Kristen hari ini," katanya lagi. Sebagai seorang anak muda, Gandhi sangat tertarik dengan kekristenan dan ia mempelajari Alkitab dan ajaran-ajaran Kristus. Dia serius mempertimbangkan untuk menjadi seorang Kristen dan mencari sebuah gereja untuk dikunjungi yang dekat dengan tempat tinggalnya. Di pagi minggu saat ia mau melangkah masuk ke gereja, seorang penerima tamu menghalangi langkahnya. "Mau ke mana kamu orang kafir?", tanya seorang pria berkulit putih padanya dengan nada yang angkuh. Gandhi menjawab: "Saya ingin mengikuti ibadah di sini." Penatua gereja itu membentaknya dengan berkata: "Tidak ada ruang untuk orang kafir di gereja ini. Enyahlah dari sini atau saya akan meminta orang untuk melemparkan kamu keluar!" Suatu tindakan keangkuhan dari seorang yang seharusnya mewakili Kristus menghentikan langkah seorang Gandhi untuk mempertimbangkan kekristenan bagi dirinya. Pengalaman Gandhi bertemu dengan orang Kristen dan pengajaran Yesus di Alkitab sangat berbeda, mungkin juga bisa menjadi pengalaman beberapa orang hari ini yang bertemu dengan kita, mereka kecewa, karena mereka tidak melihat apa yang Yesus ajarkan. Perkataan Gandhi “jika orang Kristen benar-benar hidup menurut ajaran Kristus, seluruh India sudah menjadi Kristen hari ini“ perlu kita renungkan. Sudahkah tindakan dan perkataan kita merefleksikan tindakan Kristus? Seandainya Kristus menghadapi keadaan seperti yang kita hadapi, bisakah kita membayangkan apa yang Yesus akan lakukan? Apakah kita sudah “mengkorting” apa yang seharusnya Yesus lalukan? Atau malah kita melakukan hal bertolak belakang sama sekali dari apa yang seharusnya Yesus lakukan? Yakobus mendifinisikan berbuat dosa bukan hanya kalau kita melakukan kejahatan, tetapi jika kita tahu bagaimana seharusnya kita berbuat baik tetapi kita tidak melakukan kita sudah berbuat dosa (Yakobus 4:17). Bagaimana menurut Anda? (DD)

Questions : 1. Apakah Anda merasa tertempelak dengan pernyataan Gandhi? 2. Menurut Anda apa yang seharusnya orang Kristen lakukan?

Values : Kriteria warga Kerajaan bukan orang yang mengaku dirinya pengikut Kristus, tetapi yang percaya kepadanya dan melakukan apa yang difirmankan-Nya.

Banyak orang yang ingin masuk Sorga tanpa mau menyangkal diri dan memikul salibnya.

Bacaan Setahun: Ul. 1 Yoh. 18