Pemberkatan Nikah

/

PEMBERKATAN NIKAH

Pernikahan atau perkawinan adalah lembaga yang diciptakan dan merupakan inisiatif Allah sendiri. Allah berinisiatif menjodohkan Adam dan Hawa, dan mengikatkan keduanya dalam sebuah ikatan pernikahan yang kudus (Kejadian 2:21-25). Pernikahan, menurut Undang-Undang Republik Indonesia tahun 1974, adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pandangan Alkitab

Perkawinan atau Pernikahan adalah antara satu laki-laki dan satu perempuan (Kejadian 2:18-25). Perkawinan Kristen adalah monogami. Kekristenan tidak membenarkan poligami (1 Korintus 7:2 ; 1 Tesalonika 4:2-5) Ikatan perkawinan adalah ikatan yang telah dipersatukan oleh Allah, oleh sebab itu tidak dikenal adanya kata cerai sebab Allah membenci perceraian (Matius 19:6 ; Markus 10:9 ; 1 Korintus 7:10-11)

Syarat

Telah menjadi anggota jemaat GBI Denpasar – Lembah Pujian dan menjadi anggota KM (Komunitas Sel Mesianik) Mendapatkan persetujuan dari Gembala KM Mengikuti Kelas Pra-Nikah Memenuhi syarat-syarat sesuai UU Perkawinan/UU No. I Th. 1974 Yo PP No. 9/1975. Catatan sipil dilaksanakan setelah upacara pemberkatan pernikahan (diurus sendiri oleh kedua mempelai). Apabila ada alasan yang bisa diterima dan pertimbangan-pertimbangan tertentu, kedua mempelai diberi kesempatan untuk mengurus pencatatan sipil paling lama 2 Minggu setelah tanggal pernikahan.

Kelengkapan

Mengisi formulir pemberkatan nikah dan surat pernyataan. Menyerahkan foto copy kartu anggota GBI Denpasar-Lembah Pujian. Foto copy AKTA babtisan masing-masing 1 lembar. Foto copy KTP masing-masing 1 lembar/Kartu Keluarga bagi penduduk tetap. Foto copy surat dari kelurahan yang menerangkan bahwa yang bersangkutan belum pernah menikah. Foto copy akta kelahiran/surat kenal lahir. Foto copy KTP saksi (bukan orang tua) masing-masing 1 lembah. Saksi dari gereja 2 orang (GKM dan G. Sektor KM) Saksi dari keluarga 2 orang (pihak pria 1 orang, pihak wanita 1 orang) Foto copy kewarganegaraan Indonesia dan surat ganti nama (bagi WNI keturunan) Surat keterangan atau pernyataan tidak keberatan dari kedua orang tua calon mempelai bila calon masih di bawah umur (di bawah 21 tahun) Foto berwarna berdampingan 4x6 = 2 lembar.

Catatan

Semua syarat dan kelengkapan di atas harus sudah diterima di sekretariat selambat-lambatnya tiga bulan sebelum tanggal berlangsungnya pemberkatan Pelaksanaan Ibadah / Acara Pemberkatan Nikah tidak dilakukan pada hari Minggu Tanggal Pemberkatan Nikah harus di Konfirmasikan terlebih dahulu dengan pelayanan pernikahan. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Pdm. Rosalia Winokan (0816 4722 405)