DIKUDUSKAN OLEH ROH

DIKUDUSKAN OLEH ROH 

Bacaan Setahun: 
Kej. 24 
Luk. 16 

“yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu” (1 Petrus 1:2)

Dari semula, Allah bermaksud untuk memperluas kuasa kerajaan-Nya dari dunia rohani yang tidak kelihatan menuju dunia jasmani yang kelihatan. Hal ini akan tercapai dengan cara berkuasa melalui manusia yang Dia ciptakan dan tempatkan dalam otoritas atas segala ciptaan. Allah mewujudkan gagasan ini melalui Adam manusia pertama yang Ia tempatkan di taman Eden. Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, supaya mereka “berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Karena dosa, manusia menyerahkan otoritasnya dan berada di bawah pengaruh iblis dan dunia ini.

Allah memiliki rencana yang tidak mungkin gagal dan sudah ditetapkan, melalui perjalanan yang panjang sampai kepada bangsa Israel dalam Perjanjian Lama, Allah menghendaki bahwa bangsa Israel seharusnya menjalankan hidup suci dan dikuduskan, dipisahkan dari gaya hidup bangsa-bangsa di sekeliling mereka. Sebelum Israel diperintah oleh raja-raja, Allah secara langsung memerintah bangsa Israel lewat para nabi dan para hakim dalam Perjanjian Lama. Di bawah otoritas Allah, pemerintahan Israel benar-benar berbeda dari bangsa-bangsa di sekitar mereka pada waktu itu.

Ketika rencana Allah ini seolah-olah “gagal” karena manusia telah jatuh ke dalam dosa dan bangsa Israel memberontak kepada Alah maka Raja Sorgawi segera menjalankan misi-Nya untuk memulihkan apa yang hilang dalam diri manusia. Karena begitu besarnya kasih Allah kepada manusia maka Bapa memisikan putra-Nya yang tunggal Yesus Kristus ke dalam dunia (Yohanes 3:16) dengan suatu tindakan untuk menyatakan, mendirikan dan mengembalikan konsep kerajaan yang asli dalam kehidupan manusia serta mengundang semua orang untuk memasuki Kerajaan Allah. Yesus datang untuk memperkenalkan kembali Kerajaan Allah kepada kita, dan melalui persembahan hidup-Nya di kayu salib, memberikan jalan masuk menuju Kerajaan itu bagi kita. Melalui Yesus Kristus, Ia telah menyucikan dan mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus.

Kita dipilih dan dipanggil sebagai perwakilan Kerajaan Allah yang dipisahkan dari dunia supaya menjadi milik Allah yang memanifestasikan kuasa Kerajaan Allah di bumi. Pengudusan berarti menjadikan kudus, menahbiskan, memisahkan dari dunia dan dijauhkan dari dosa supaya kita memiliki persekutuan yang erat dengan Allah dan melayani Dia dengan sukacita. Pengudusan bukanlah suatu proses meninggalkan dosa sedikit demi sedikit, melainkan suatu tindakan tegas yang melaluinya kita oleh kasih karunia dibebaskan dari ikatan Iblis dan langsung memutuskan hubungan dengan dosa supaya dapat hidup untuk Allah sehingga kasih karunia dan damai sejahtera Allah makin melimpah atas hidup kita. Amin (RSN)

Questions:
1. Apakah rencana Allah bagi kehidupan manusia di bumi?
2. Bagaimana kita dapat menggenapi rencana Allah dalam hidup kita?

Values:
Pengudusan bukanlah suatu proses meninggalkan dosa sedikit demi sedikit, melainkan suatu tindakan tegas memutuskan hubungan dengan dosa supaya dapat hidup untuk Allah.

Kingdom Quote:
Kita dipilih dan dipanggil sebagai warga Kerajaan Allah yang dipisahkan dari dunia supaya menjadi milik Allah yang memanifestasikan kuasa Kerajaan Allah di bumi.