KEKUATAN PENGHARAPAN

Bacaan Setahun: 
Im. 11 
Mat. 26 

KEKUATAN PENGHARAPAN 
“Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.” Roma 15:13

Apakah yang kita butuhkan hari-hari ini? Tentu ada banyak kebutuhan kehidupan yang kita miliki, namun kita harus dapat memilih mana yang mendesak dan mana yang penting. Gempuran masalah silih berganti dapat melemahkan kita. Kita membutuhkan hikmat dan kekuatan TUHAN dalam menghadapinya. Salah satu yang kita butuhkan dalam menjalani kehidupan kita adalah kekuatan pengharapan. Sesungguhnya kekuatan pengharapan memampukan kita menghadapi setiap masalah yang kita hadapi. Apa saja yang berkaitan dengan pengharapan?
Yang pertama, siapa sumber pengharapan? Pengharapan sejati hanya dapat kita temui di dalam TUHAN. Jika anda berharap kepada manusia maka anda akan kecewa. Pada dasarnya manusia akan menolong sesamanya di saat dia merasa kuat. Sedangkan di masa kini ada banyak orang yang merasa perlu dikuatkan. Di saat seperti ini kita banyak menemukan orang yang semakin egois. Hanya orang yang benar-benar sadar bahwa salah satu cara menguatkan dirinya sendiri adalah membantu menguatkan orang lain. Jangan egois, sekalipun pergumulan kita berat, tetaplah mendukung dan menolong orang lain. Jangan pernah membiarkan diri kita terlena dengan tipuan iblis, sebab iblis mau kita egois dan tidak peduli dengan kehidupan orang lain. Oleh sebab itu tetaplah berpengharapan kepada TUHAN. Jangan pernah berpaling dari TUHAN. Semakin berpengharapanlah kepada TUHAN. Kita juga harus semakin melekat kepada TUHAN.
Yang kedua, kekuatan pengharapan. Di dalam TUHAN kita menikmati kasih-NYA yang sungguh luar biasa. Di dalam TUHAN kita akan menikmati kasih-NYA yang tak bersyarat dan menerima kita apa adanya. Kasih TUHAN itu kekal selamanya. Di dalam kasih-NYA kita memiliki pengharapan yang kuat. Di dalam TUHAN kita juga akan menikmati sukacita dan damai sejahtera yang melampaui segala akal pikiran kita. Kita juga akan memperoleh pertolongan ROH KUDUS yang selalu memberikan kekuatan dan pengharapan ekstra. ROH KUDUS juga memberikan hikmat yang luar biasa kepada setiap orang yang sungguh berharap kepada TUHAN. ROH KUDUS juga selalu memberikan peringatan yang tepat waktu. Percayalah kepada ROH KUDUS yang selalu memberi pertolongan dan solusi yang tepat waktu.
Miliki iman dan pengharapan di dalam TUHAN Sang Sumber pengharapan kita. Jangan goyah dan jangan putus asa serta jangan pernah menyerah, TUHAN sangat mengasihi kita dan memberikan pengharapan yang kuat kepada kita. Maukah anda tetap berpengharapan di dalam TUHAN? (DW)

Questions :
1. Apakah ‘KEKUATAN PENGHARAPAN’ itu bagi anda?
2. Mengapa kita harus berpengharapan hanya kepada TUHAN?

Values :
Seorang warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang mau tetap berpengharapan di dalam Allah di setiap kondisi apapun.

Jangan goyah, jangan putus asa dan jangan menyerah, tetaplah berpengharapan di dalam TUHAN.