LIVING FROM CHALLENGES TO REJOICE | Pdm. Jimmy Padmadjaja

Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. 7. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.”
(
1 PETRUS 3:6-7)

Sebelum memasuki akhir tahun masih di dalam tema refined kita diingatkan lagi melalui Firman Tuhan bahwa hidup kita akan dimurnikan kembali. Sebongkah batu intan harus mengalami proses pemolesan, pengikisan dan tekanan yang begitu rupa sehingga menjadi sebuah berlian yang indah dan berharga mahal.

Demikian juga dalam hidup kita kehidupan yang penuh tantangan, masalah dan persoalan akan berubah menjadi sukacita saat kita berhasil melewati setiap proses di dalam hidup kita. Rasul Petrus mengingatkan kepada kita bahwa setiap tantangan – tantangan yang terjadi untuk membuktikan kemurnian iman kita.

Life is a journey of tests” - hidup adalah sebuah perjalanan melalui setiap proses kehidupan, ada ujian-ujian yang harus kita hadapi untuk membawa kita naik kepada tingkat yang lebih tinggi. Setiap tantangan yang begitu berat dalam hidup kita biarlah itu menjadi sisa waktu yang terbaik dalam hidup kita untuk membuat sesuatu yang besar sehingga nama Tuhan dipermuliakan.

Melalui akronim TEST (tantangan ) yang kita hadapi kita belajar beberapa hal yaitu:

Thank & Trust Him

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, 4. untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu. 5. Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.” (1 PETRUS 1:3-5)

Ada sebuah alasan bagaimana Rasul Petrus mengajak kita memuji Tuhan, yaitu karena anugerah dan rahmat Tuhan yang begitu besar yang telah membawa kita kepada kehidupan yang penuh dengan pengharapan. Kebangkitan Kristus adalah pengharapan dalam hidup kita untuk menerima warisan ilahi yaitu dipelihara dalam kekuatan Allah untuk bertahan dalam iman menantikan hidup yang kekal bersama Dia.

Example to Endure

“Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.” (1 PETRUS 1:6)

Rasul Petrus mengajak kita untuk tetap bergembira sekalipun banyak ujian dan tantangan yang kita hadapi. Kita akan merasa bersyukur jika kita melihat bagaimana pertolongan Tuhan saat kita menghadapi tantangan. Ketahanan Kristus menghadapi penderitaan di kayu salib adalah sebuah teladan supaya kita mengikuti jejaknya (1 PETRUS 2:21). Apapun tantangan yang terjadi tetaplah bertahan untuk menghadapi dengan konsisten dan penuh komitmen. Jangan berfokus pada masalah dan persoalan, tetapi fokuslah kepada janji-janji Tuhan yang akan membawa kita berkemenangan.

Show The Genuine Faith

Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.“ (1 PETRUS 1:7)

Setiap ujian dan tantangan yang terjadi salah satunya bertujuan untuk membuktikan kemurnian iman kita karena iman kita sangat berharga melebihi kemurnian emas. Dalam menghadapi setiap ujian apakah kita tetap bergantung kepada Tuhan, berjalan di dalam Firman-Nya dan tetap berharap kepada-Nya ? Bangun iman kita berdasarkan Firman Tuhan, aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan tetaplah berdoa.

Triumphant

Ada suatu kemenangan setelah kita berhasil melewati setiap proses kehidupan melalui ujian dan tantangan yang terjadi. Persiapkan hidup kita untuk memerintah bersama Kristus di dalam kekekalan. Isilah kehidupan kita dengan hal-hal yang benar dan berkenan kepada-Nya sehingga Tuhan menyambut kita dengan puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.  

Temukan jati diri kita di dalam Tuhan, sehingga setiap ujian iman yang kita hadapi kita bisa berkemenangan bersama-Nya. Buah-buah anggur harus dihancurkan untuk membuat anggur. Berlian dibentuk di bawah tekanan dan kikisan. Zaitun ditekan untuk melepaskan minyak. Biji tumbuh dalam kegelapan. Bilamana kita merasa dihancurkan, di bawah tekanan, digosok, ditekan, atau dalam kegelapan, kita sedang berada di tempat transformasi dan transmutasi yang kuat. Percayalah kepada prosesnya dan percayalah kepada Tuhan. Amin. (RCH).