MOVEMENT

Bacaan Setahun:
Yer. 11-13
Ibr. 1

 

“Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.”Mazmur 145:4

Kehidupan manusia normal adalah bergerak setiap hari. Ada orang yang banyak bergerak, namun ada pula yang kurang bergerak. Bagaimana dengan anda? Anda suka diam atau bergerak? Di bulan Oktober ini tema renungan adalah MOVEMENT. Menurut Merriam Webster Dictionary, kata movement yang merupakan kata benda memiliki arti: 1) the act or process of moving yang artinya tindakan atau proses perpindahan; 2) a tactical or strategic shifting of military unit: maneuver yang artinya pergesran taktis atau strategis unit militer: manuver; 3) action, activity atau aksi, aktifitas. Dalam bahasa Indonesia kata movement dapat diartikan pergerakan, pergeseran atau perubahan.
Hal terpenting dalam movement adalah kemauan untuk berubah dan bergerak untuk kemajuan bersama. Oleh sebab itu dalam movement kita memerlukan tiga hal. Yang pertama, awakens. Hal awakens berkaitan dengan sikap dan motivasi dari seseorang dan sekelompok orang. Hal awakens menyatakan sikap dan motivasi untuk bangun dan terjaga dari keadaan yang dialami atau dijalani selama ini. Kita harus memiliki sikap dan motivasi untuk bangun dan terjaga dari keterlenaan kita selama ini. Mau tak mau kita harus sadar bahwa diri kita perlu berubah dan bergerak untuk bangun dan terjaga. Saat kita bangun dan terjaga maka kita dapat memaksimalkan semua kepercayaan TUHAN dalam hidup kita. Apakah anda mau bangun dan terjaga dari keterlenaan anda selama ini?
Yang kedua, progression. Hal progression berkaitan dengan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan kita. Saat kita sudah bangun dan terjaga, maka kita harus mulai mengembangkan diri dari apa yang sudah ada pada diri kita. Kita juga harus mengelola diri kita dengan meningkatkan diri kita (upgrade diri). Jangan iri melihat kelebihan orang lain, namun mulailah untuk mengembangkan diri dengan apa yang sudah TUHAN percayakan dalam hidup kita. Agar kita semakin berkembang, maka kita tidak boleh berpuas diri dan tak mau berubah. Kita perlu mulai mengikuti seminar, melakukan pengembangan diri dan mengikuti kursus untuk menunjang kekurangan kita. Yang ketiga, acceleration. Hal acceleration berkaitan dengan percepatan. Kita harus menyadari bahwa perubahan di dunia ini sangat cepat. Mau tak mau kita harus berubah dengan cepat pula.
Setelah bangun dan terjaga, maka kita mulai mengembangkan diri, kemudian kita harus bergerak dengan cepat dan tepat untuk mengimbangi perubahan demi perubahan yang terjadi. Jangan menunggu tahun depan untuk berubah. Waktu yang tepat untuk berubah adalah sekarang. Mari segera berubah dan berbuah mulai sekarang. (DW)

Questions :
1. Mengapa dalam MOVEMENT kita membutuhkan awakens, progression dan acceleration?
2. Bagaimana mendorong orang untuk bergerak sesuai dengan tugas dan panggilannya masing-masing?

Values :
Seorang warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang menyadari bahwa hal movement sangat membutuhkan awakens, progression dan acceleration.

Bergerak dan mau mengembangkan diri bersama TUHAN adalah langkah awal mengalami perubahan dan kemajuan.