RAHASIA BESAR

RAHASIA BESAR 

Bacaan Setahun: 
Kel. 29-3O, 2 Kor. 1 

“Sebab itu, laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat” (Efesus 5:31-32)

Perkataan ‘rahasia ini besar’ dalam bahasa Inggris ditulis sebagai ‘This is a great MYSTERY’. Dengan jelas, Rasul Paulus menyatakan bahwa ‘a great MYSTERY’ yang dimaksud adalah hubungan Kristus dan Gereja-Nya atau Cinta Kristus kepada Gereja-Nya. Disisi lain, Rasul Paulus juga mengibaratkan hubungan pernikahan laki-laki dan istrinya sebagai serupa dengan hubungan Kristus dan jemaat, artinya, keduanya sama-sama merupakan suatu ‘Great Mystery’, sebuah rahasia yang besar. Nampaknya, Rasul Paulus memahami bahwa pernikahan adalah hubungan yang tidak mudah, penuh dengan rahasia dan misteri. Jika pasangan dalam pernikahan tidak sabar dalam mencari jawaban setiap masalah, melakukan pembelajaran, dan penyesuaian layaknya membuka tabir misteri yang berlapis-lapis, maka pernikahan tidak akan berlangsung langgeng.

Pada kenyataannya, kita semua tahu bahwa pernikahan bukanlah hal yang mudah. Itu sebabnya banyak pernikahan yang gagal, bahkan pernikahan Kristen sekalipun. Ada peribahasa yang menggambarkan keadaan pernikahan, bunyinya demikian: “Jika ingin mengalami Sorga, menikahlah, tapi juga jika ingin mengalami Neraka, menikahlah.” Ini menggambarkan bahwa sangat tidak mudah, dengan kualitas cinta manusia, membangun rumah tangga yang bahagia. Alih-alih menemukan kebahagiaan surga di bumi melalui pernikahan, malah menemukan suasana neraka di bumi.

Lalu, bagaimana kita bisa mengalami kesuksesan dalam pernikahan? Apakah kualitas cinta saja cukup? Kita sering mendengar bagaimana pasangan yang begitu serasi dan menampakkan kemesraan cinta yang luar biasa di publik, namun kemudian kita mendengar bahwa pernikahan mereka tak bisa lagi dipertahankan.

Jadi, rahasia kesuksesan seorang pria dalam membangun rumah tangga yang bahagia dan langgeng adalah ia harus telah mengalami kasih Kristus, yaitu menemukan rahasia terbesar, yaitu Kasih Kristus yang nyata. Sehingga ia juga bisa memahami ‘rahasia besar’ lainnya, yaitu ia bisa mengasihi istrinya sebesar kasih Kristus yang terus ia alami.

Dengan demikian, di dalam pernikahan, yang paling penting adalah bagaimana suami terus belajar mengasihi dan berkorban untuk pasangannya seperti Kristus yang mengasihi dan berkorban untuk Gereja-Nya. (DD)

Questions:
1. Mengapa pernikahan disebut ‘a great mystery’? Apa maksudnya?
2. Bagaimana agar pernikahan bisa langgeng? Jelaskan!

Values:
Dengan terus mengalami kasih sang Raja, kita akan mampu mengasihi pasangan kita.

Kingdom’s Quotes:
Perasaan cinta bisa datang dan pergi, itulah sebabnya dibutuhkan komitmen untuk terus mencintai.