SIZE DOESN’T MATTER

SIZE DOESN’T MATTER 

Bacaan Setahun: 
Bil. 24 , Yoh. 6 

“Tetapi, TUHAN berfirman kepada Samuel, “Jangan pandang rupanya atau perawakannya yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan seperti yang dilihat manusia, sebab manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” (1 Samuel 16:7 – TB2)

Size Doesn’t Matter. Ya, Ukuran Bukanlah Masalah. Ada banyak peristiwa yang sering mengubah paradigma kita. Ada banyak peristiwa yang sering mendorong kita untuk mengambil keputusan untuk berubah. Pada mulanya Saul yang menganggap dirinya kecil namun diangkat menjadi raja pertama Israel, 1 Sam 15:17.

Arti nama Saul adalah Mencari TUHAN. Pada mulanya bangsa Israel meminta dipimpin oleh seorang raja, 1 Sam 8. Walau dengan rasa kecewa yang sangat mendalam, maka Samuel meminta kepada TUHAN permintaan bangsa Israel itu. Lalu Samuel diutus untuk mengurapi Saul dari suku Benyamin. Saul adalah seorang pemuda tampan yang badannya lebih tinggi daripada rata-rata orang Israel yang hanya sepundaknya saja tingginya. Pada mulanya Saul diremehkan oleh rakyat Israel, 1 Sam 10:27. Namun TUHAN membela dan menyertai Saul yang sudah diurapi oleh Samuel menjadi raja, 1 Sam 11. Sayangnya Saul mulai tidak taat kepada TUHAN, 1 Sam 13. Puncaknya TUHAN menolak Saul menjadi raja Israel, 1 Sam 15. Sehingga akhirnya Samuel diutus TUHAN untuk mengurapi David sebagai raja Israel, 1 Sam 16. mari kita belajar lebih lanjut tentang Ukuran Bukanlah Masalah.

Yang pertama, TUHAN tidak pernah salah. David sebenarnya bukanlah pilihan utama dari Isai saat Samuel diutus untuk mengurapi salah satu anak Isai menjadi raja, karena David adalah anak ke-8 dari Isai dan ia sedang diutus untuk menggembalakan kambing dan domba milik Isai, 1 Sam 16:10-11. Dalam pemikiran Isai, David bukanlah sosok yang layak untuk diurapi menjadi raja. Bahkan Samuel pun sempat terpesona dengan Eliab, Abinadab dan Syama, 1 Sam 16:5-9. Namun TUHAN tidak pernah salah memilih David untuk mengurapinya menjadi raja ke-2 Israel, 1 Sam 16:12-13. Arti nama David adalah Yang Dikasihi TUHAN. Tetaplah bersabar dengan rencana dan waktu TUHAN, sebab TUHAN tidak pernah salah dalam memilih, memutuskan dan menempatkan anda di tempat yang terbaik pada waktu-NYA.

Yang kedua, TUHAN selalu punya rencana yang terbaik. Siapa sangka David menjadi pelayan Saul dan memainkan kecapi saat Saul sedang gundah gulana, 1 Sam 16:14-23. Siapa sangka TUHAN memakai David untuk mengalahkan Goliat, 1 Sam 17. Goliat yang tingginya 2,7 meter sangat meremehkan keberadaan David yang tanpa peralatan perang yang lazim saat itu. Pada akhirnya David dengan pengurapan dan penyertaan TUHAN mengalahkan Goliat bukan dengan pedang atau lembing namun dengan batu licin yang diambil dari dasar sungai yang kering. Apa pun situasi dan kondisi yang sedang anda jalani hari ini, TUHAN selalu punya rencana yang terbaik bahkan jauh lebih baik dari semua yang pernah anda doakan. Stay blessed! (DW)

Questions:
1. Tahukah anda mengapa TUHAN memilih dan memakai anda dalam rencana-NYA yang luar biasa?
2. Bagaimana cara TUHAN memilih dan menetapkan Saul dan David? Apa perbedaan Saul dan David?
Values:
Seorang warga Kerajaan ALLAH adalah pribadi yang mau belajar mengikuti rencana ALLAH dalam kehidupannya.

Kingdom’s Quotes:
Jangan pernah meremehkan orang lain maupun diri kita sendiri, jika TUHAN mau memakai kita dengan cara-NYA maka tak akan ada yang dapat menghentikan rencana-NYA.